Siapakah Yeshua Ha Mashiah / Yesus Kristus / Isa Al-Masih menurut Kuran?

Lalu Yeshua bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” (Injil Matius 16:15)

Yeshua menyambut para umat-Nya di Sorga Anda bisa mengetahui secara jelas dan terperinci tentang siapakah Yeshua Ha Mashiah (3 BC-27 AD), dari silsilah nenek moyang-Nya, kelahiran-Nya, pelayanan-Nya saat masih hidup di bumi, dan akhir hidup-Nya, bahkan perbuatan-Nya setelah Yeshua berada di Sorga; semua ini tertulis dari kitab-kitab suci Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Baca Yeshua Ha Mashiah Alfa Omega
Sekarang kita bertanya, ”Siapakah Yeshua Ha Masiah menurut Kuran? Apa yang sesungguhnya Kuran tulis tentang Yeshua Ha Mashiah, atau Isa al-Masih (dalam Islam)?
Kitab Al-Imran (Surah) 3:42-57 adalah pernyataan Allah kepada Muhammad (570-632 AD) tentang keberadaan dan otoritas Yeshua sebagai utusan Allah (Elohim / God) di bumi. Mari kita baca.

Saya tampilkan terjemahan Kuran bahasa Inggris[1] dan Indonesia[2] untuk perbandingannya. Penebalan dan garis bawah ditambahkan untuk memperjelas pembahasan.

Kitab Kuran Al-Imran 3:42-57

42. And when the angels said: O Mary! Lo! Allah hath chosen thee and made thee pure, and hath preferred thee above (all) the women of creation.
43. O Mary! Be obedient to thy Lord, prostrate thyself and bow with those who bow (in worship).
44. This is of the tidings of things hidden. We reveal it unto thee (Muhammad). Thou wast not present with them when they threw their pens (to know) which of them should be the guardian of Mary, nor wast thou present with them when they quarrelled (thereupon).
45. (And remember) when the angels said: O Mary! Lo! Allah giveth thee glad tidings of a word from him, whose name is the Messiah, Jesus, son of Mary, illustrious in the world and the Hereafter, and one of those brought near (unto Allah).
46. He will speak unto mankind in his cradle and in his manhood, and he is of the righteous.[3]
47. She said: My Lord! How can I have a child when no mortal hath touched me? He said: So (it will be). Allah createth what He will. If He decreeth a thing, He saith unto it only: Be! and it is.
48. And He will teach him the Scripture and wisdom, and the Torah and the Gospel,
49. And will make him a messenger unto the Children of Israel, (saying): Lo! I come unto you with a sign from your Lord. Lo! I fashion for you out of clay the likeness of a bird, and I breathe into it and it is a bird,[4] by Allah’s leave. I heal him who was born blind, and the leper, and I raise the dead, by Allah’s leave. And I announce unto you what ye eat and what ye store up in your houses. Lo! herein verily is a portent for you, if ye are to be believers.
50. And (I come) confirming that which was before me of the Torah, and to make lawful some of that which was forbidden unto you. I come unto you with a sign from your Lord, so keep your duty to Allah and obey me.
51. Lo! Allah is my Lord and your Lord, so worship Him. That is a straight path.
52. But when Jesus became conscious of their disbelief, he cried: Who will be my helpers in the cause of Allah? The disciples said: We will be Allah’s helpers. We believe in Allah, and bear thou witness that we have surrendered (unto Him).
53. Our Lord! We believe in that which Thou hast revealed and we follow him whom Thou hast sent. Enrol us among those who witness (to the truth).
54. And they (the disbelievers) schemed, and Allah schemed (against them): and Allah is the best of schemers.
55. (And remember) when Allah said: O Jesus! Lo! I am gathering thee and causing thee to ascend unto Me, and am cleansing thee of those who disbelieve and am setting those who follow thee above those who disbelieve until the Day of Resurrection. Then unto Me ye will (all) return, and I shall judge between you as to that wherein ye used to differ.
56. As for those who disbelieve I shall chastise them with a heavy chastisement in the world and the Hereafter; and they will have no helpers.
57. And as for those who believe and do good works, He will pay them their wages in full. Allah loveth not wrong-doers.

42. Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, menyucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu).
43. Hai Maryam, taatlah kepada Tuhanmu, sujud dan rukuklah bersama orang-orang yang rukuk.
44. Yang demikian itu adalah sebagian dari berita-berita gaib yang Kami wahyukan kepada kamu (ya Muhammad); padahal kamu tidak hadir beserta mereka, ketika mereka melemparkan anak-anak panah [arrows or pens?] mereka (untuk mengundi) siapa di antara mereka yang akan memelihara Maryam. Dan kamu tidak hadir di sisi mereka ketika mereka bersengketa.
45. (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih
Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),
46. dan dia berbicara dengan manusia dalam buaian dan ketika sudah dewasa dan dia termasuk di antara orang-orang yang saleh.”
47. Maryam berkata: “Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-laki pun.” Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): “Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: “Jadilah”, lalu jadilah dia.
48. Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil.
49. Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israel (yang berkata kepada mereka): “Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang
mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman.”
50. Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku.
51. Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus”.
52. Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani Israel) berkatalah dia: “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?” Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: “Kami lah penolong-penolong (agama) Allah. Kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri.[5]
53. Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul, karena itu masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah)”.
54. Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya. [terjemahan yang benar: Allah is the best of schemers].[6]
55. (Ingatlah), ketika Allah berfirman: “Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya”.
56. Adapun orang-orang yang kafir, maka akan Ku-siksa mereka dengan siksa yang sangat keras di dunia dan di akhirat, dan mereka tidak memperoleh penolong.
57. Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, maka Allah akan memberikan kepada mereka dengan sempurna pahala amalan-amalan mereka; dan Allah tidak menyukai orang-orang yang lalim.

Kesimpulan dari Surah 3:42-57. Pada ayat-ayat di atas nampak jelas sekali bahwa Yeshua lebih dari sekedar seorang nabi.
Elohim (Allah) berkata kepada Muhammad bahwa berita ini adalah sebagian dari berita-berita gaib (tidings of things hidden) yang Kami wahyukan kepada kamu (ya Muhammad);” yakni peristiwa “diutusnya Yeshua ke bumi melalui seorang perawan bernama Maria” sekitar 600 tahun sebelum Muhammad lahir. (ayat 44). Dan berita gaib ini adalah Firman Allah (Word of God) sendiri (melalui perkataan malaikat-Nya): ”kalimat (yang datang) daripada-Nya / a word from him” (ayat 45).
Ada beberapa pernyataan penting Allah di Surah 3:42-57 di atas yang perlu diperhatikan; pernyataan-pernyataan Allah sendiri yang menyatakan bahwa Yeshua mendekati status Juruselamat umat manusia dan Elohim:
1. Yeshua (Isa) adalah Ha Mashiah (the Messiah / Al Masih) dan Rasul (Apostle)
2. Yeshua seorang yang terkemuka di bumi dan akherat
3. Yeshua seorang yang dekat dengan Elohim dan saleh; tepatnya “orang benar” (righteous)
4. Yeshua akanlah mengajar Alkitab, hitmat, Torah (Taurat) dan Injil (Gospel)
5. Yeshua mampu membuat mujizat-mujizat, menciptakan mahkuk hidup, bahkan menghidupkan orang yang telah mati. Baca juga Surah 5:10.
6. Mentaati Elohim dan Yeshua (mengikuti ajaran dan teladan Yeshua) adalah “Jalan yang lurus / That is a straight path.”
7. Para pengikut Yeshua akan ditinggikan lebih dari pada orang-orang yang kafir (tidak mengakui perintah Elohim yang diajarkan Yeshua Ha Mashiah.
8. Para orang kafir tersebut akan mengalami siksaan keras dari Elohim dimana tidak ada seorangpun yang akan mampu melepaskan mereka.

Kuran pada Surah 3:42-57 secara gamblang mengatakan bahwa Yeshua Ha Mashiah adalah utusan terpenting Elohim. Khususnya dalam hal bagi mereka yang ingin dibenarkan di Hari Pengadilan, Yeshua melalui otoritas yang Ia miliki dari Ellohim, memerintahkan umat manusia untuk mentaati pengajaran-Nya (terdapat pada Alkitab) yang Ia sendiri dapat dari Elohim. Jadi Surah ini menyatakan kepada para Muslim sebuah Kabar Baik, yakni bahwa Yeshua mengetahui “jalan lurus” menuju ke Sorga, yang selalu dicari dan diminta oleh para Muslim dalam doa-doa mereka.

Catatan Kaki:

  1. Terambil dari The Qur’an. The Meaning of the Glorious Qur’an translated by Marmaduke Pickthall, 1930. Lihat: http://www.khayma.com/librarians/call2islaam/quran/pickthall/
  2. Terambil dari Suci Quran (Koran) Bahasa Indonesia Translation of the Meanings. Formatting by William B. Brown
  3. Terjemahan Kuran Inggris memaka: righteous (benar). Orang saleh belum tentu bebas dari dosa; tetapi orang benar adalah suci dalam standard Elohim. Ayat ini berbunyi: ”Messiah, Jesus, son of Mary … he is of the righteous.” Kuran terjemahan Bahasa Indonesia memberi tafsiran dan tambahan kalimat-kalimat dalam kurung yang tidak sesuai isi Kuran.
  4. Cara Yeshua menciptakan burung pada kedua Surat ini sama dengan cara Elohim menciptakan Adam: memberi kehidupan ciptaan mereka melalui nafas Roh-Nya (Surah 15:28-29).
  5. Terjemahan lain memakai kata “Muslims” untuk para rasul Yeshua ini pada kalimat: “We have sureendered” pada ayat di atas.  Kata “Muslim” tidak terdapat dalam tulisan-tulisan kuno di Timur Tengah semasa Muhammad masih hidup, bahkan itu belum ada sebelum Yerusalem jatuh ketangan para penerus Muhammad. Lihat Sejarah Islam Mula-mula dalam arkiologi dan literatur – penelitian abad 21. Jadi melalui Surah 3:67 “Ibrahim is not a Jew, but … a Muslim” (Sakhir’s Translation) membuktikan ke tidak otentikannya Kuran itu sendiri.
  6. Surah 5:54 ini jujurnya menulis: Allah bukan “pembalas terbaik,” tetapi “pelaku tipu daya terbaik”]
Pembaca bebas memakai artikel TheCamelSpeaksOut.wordpress.com sejauh tidak merubah tulisan aslinya dan menyertakan link situsnya. Hargailah karya cipta orang lain. Terima kasih, The Camel Speaks Out.
Iklan

Posted on 10/09/2015, in Adonai Yeshua, Kuran & Hadis and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: