Musibah tragis di Mesjid al-Haram Mekka; Iran menyalahi pemerintah Arab Saudi

Atap Mesjid Al-Haram Mecca runtuh membunuh para naik haji Jutaan orang yang sedang menunaikan ibadah haji dikejutkan dengan musibah tragis di dalam Mesjid al-Haram, mesjid yang ditengahnya terdapat Kaabah, dimana batu hitam yang dianggap suci itu berada.
Musibah ini terjadi pada hari Jumat 11 September saat jemaat bersembayang; pada hari yang sama ketika orang Amerika Serikat memperingati musibah runtuhnya Gedung Twin Tower. Jemaat yang sedang sembayang ini tiba-tiba dikejutkan dengan sebuah atap dari Mesjid al-Haram, runtuh menimpa orang-orang yang sedang sembayang tersebut. Sebagian korban jiwa karena tertimpa reruntuhan sebagian lagi karena oleh jemaat yang panik untuk menyelamatkan diri. Berita terakhir mengatakan 107 jemaat haji meninggal dan 234 lainnya luka-luka. Runtuhnya atap tersebut disebabkan jatuhnya sebuah crane ke atas mesjid tersebut. Crane adalah tiang besi yang berfungsi sebagai pembawa benda bangunan untuk tujuan pembangunan gedung).


Menteri Teknologi Iran hari Senin mengumunkan bahwa delapan dari jemaah hari Iran yang Kaabah ditengah Mesjid al-Haram yang sedang dalam pembangunanmeinggal di Mesjid tersebut adalah Dr. Ahmad Hatami, salah satu anggota pimpinan Pusat Penelitian Ruang Angkasa Iran. Pada hari yang sama, Jurubicara Republik Islam Iran menuduh pemerintah Arab Saudi lalai dalam menjaga keamanan para jemaat yang sedang menjalankan ibadah naik haji, dan meminta pemerintah Saudi bertanggung jawab atas kecelakaan yang mematikan tersebut.

Kebangsaan lainnya yang meninggal adalah Turki, Pakistan dan Afganistan serta Mesir.

Pemerintah Saudi menyatakan bahwa musibah itu terjadi akibat cuaca yang sangat buruk: angin keras, hujan es.
Pemilik perusahaan crane yang sedang membangun pelebaran Mesjid adalah Binladen Group, sebuah perusahaan bangunan yang didirikan oleh ayah dari Osama Bin Laden.
Beberapa orang Arab berspekulasi bahwa runtuhnya crane tersebut adalah sebuah serangan orang Amerika Serikat, sebab itu terjadi pada tanggal 11 September dan mayoritas terrorist yang melakukan serangan September 11 2001 adalah warga negara Arab Saudi.

Referensi:
Top Iranian scientist among 107 dead in Mecca crane collapse
107 DEAD, 234 INJURED AFTER CRANE COLLAPSES AT WORLD’S HOLIEST MOSQUE IN MECCA (YouTube)

Pembaca bebas memakai artikel TheCamelSpeaksOut.wordpress.com sejauh tidak merubah tulisan aslinya dan menyertakan link situsnya. Hargailah karya cipta orang lain. Terima kasih, The Camel Speaks Out.

Iklan

Posted on 15/09/2015, in Timur Tengah and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: