PERTUKEKEM; Alkitab elektronik lengkap pertama berbahasa Sorani Kurdi

Gedung Gereja di Kurdistan

Gedung Gereja di Kurdistan

Setelah delapan tahun kerja keras, akhirnya Alkitab berbahasa Sorani Kurdi Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dapat diterbitkan untuk pertama kalinya sebagai Alkitab yang lengkap; cetak dan elektronik (smart phone). Ini akan menolong lebih dari enam juta suku Kurdi membaca dan mendengar Alkitab dalam bahasa ibu mereka untuk pertama kalinya. ”Pertukekem” yang berarti ”Buku-Ku” (My Book). Dapatkan di sini: Pertukekem.com

 

Seluruh pekerjaan penterjemahan PL dan PB bahasa Soroni Kurdi ini memakan waktu 28 tahun. Ini hasil kerja dari Joel dan Ruth Hammond* (rekan kerja dari Church Mission Society (CMS) bersama dengan orang-orang Kurdi Kristen dan sejumlah warga negara asing lainnya. Organisasi lain yang terlibat di dalamnya adalah Biblica dan badan-badan linguistik lainnya. Yang penting dicatat di sini, adalah bahwa terjemahan ini dibuat di Tanah Kurdistan, Irak utara.

Baca juga:

Alkitab berbahasa Soroni Kurdi ini, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik adalah terjemahan baru tersedia pada software YouVersion Android yang disebut Pertukekem (Buku-Ku).

“Itu adalah sebuah kehormatan untuk ada terlibat pada projek ini. Orang-orang Kurdi telah diketahui mengalami kesembuhan-kesembuhan, mimpi-mimpi dan penglihatan-penglihatab dari Ha Mashiah, namun memiliki seluruh Firman Elohim yang tersedia dalam bentuk tertulis akanlah mengkristalkan iman-iman mereka dan memampukan mereka meneruskannya dengan lebih efektif,” Joel berkata mengkomentari terciptanya Pertukekem ini.

Paul Thaxter, direktur internasional untuk CMS, belum lama ini pergi mengunjungi wilayah Kurdistan dan sangat bersuka cita melihat projek terjemahan yang komplit tersebut, ia berkata, ”Mencoba untuk hidup sebagai seorang Kristen sementara ada dilarang untuk berkesempatan membaca Alkitab dalam bahasa kalian sendiri adalah susah untuk dibayangkan. Bagaimanapun, sekarang melalui applikasi dan komitmen orang-orang seperti Joel dan Ruth, dan tim sekitar mereka, jutaan orang sekarang akan memiliki ”Karunia Kehidupan dalam tangan mereka sendiri.”

Para team penterjemah pun telah mendapat laporan positif dari orang-orang Kurdi. Seorang Kurdi berkata ia merasa ”dikuatkan” oleh ada mampu memakai versi yang baru pada telpon genggamnya, sementara orang lainnya berkata ia telah mampu untuk memberi teks-teks ayat Alkitab kepada seorang Mullah setempat dimana ia tinggal.

Other sites for you interest:

*) Nama-nama telah diganti demi alasan keamanan.

Pembaca bebas memakai artikel TheCamelSpeaksOut.wordpress.com sejauh tidak merubah tulisan aslinya dan menyertakan link situsnya. Hargailah karya cipta orang lain.
Terima kasih, The Camel Speaks Out / Unta Angkat Bicara

 

Iklan

Posted on 04/10/2018, in Alkitab and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: